Trik Asik Pacaran Long Distance

17 06 2007

Ada yang bilang cinta jarak jauh sungguh merepotkan dan sulit dipertahankan, ada juga yang bilang cinta jarak jauh justru lebih nikmat. Cinta memang perlu pengorbanan, salah satunya adalah jarak dan waktu, tapi bukan berarti tak ada trik untuk mengatasinya. Coba saja beberapa trik berikut ini.

Nah, biar cinta di antara Anda dengan dia yang tinggal nun jauh di sana tetap segar, perlu beberapa trik yang harus dijalani. Berikut di antaranya:

1. Jadikan jarak bukan suatu masalah

Pernyataan ini adalah hal pertama yang harus bisa dimantapkan dalam diri Anda dan pasangan. Tentu saja karena kemajuan teknologi sudah semakin canggih. Apa pun bisa dijadikan alat untuk mempertemukan Anda berdua. Misalnya saja dengan memanfaatkan media telepon atau internet. Intinya jangan lewatkan setiap saat untuk bisa berkomunikasi. Anda berdua juga jangan berkecil hati, pasalnya banyak kok, pasangan yang dekat dan sering ketemu namun bawaannya hanya berantem terus dan akhirnya putus! Jadi buat Anda yang kebetulan punya belahan hati, entah itu beda kota atau bahkan beda negera sekalipun, jangan khawatir. Justru dengan long distance ada kesempatan saling menguji diri dan memupuk rasa cinta.

2. Kepercayaan di atas segalanya
Kunci kesuksesan suatu hubungan adalah kepercayaan di atas segalanya. Dengan demikian Anda tidak akan berpikir macam-macam ataupun mencemburui apa yang sebenarnya tak pernah dilakukan pasangan Anda. Menduga-duga dan terus berpikiran negatif tentu akan makan hati. Makanya lebih baik memantapkan hati untuk terus percaya dan setia padanya. Akan tetapi hal ini tentu saja bila Anda kenal betul karakternya. Lain hal bila ternyata dia adalah tipe yang mudah berpindah ke lain hati. Yang pasti saling percaya bukan berarti langsung tutup mata.

3. Usahakan selalu berkomunikasi
Setia dan percaya bukan berarti jarang-jarang keep in touch dengan pasangan. Apalagi belakangan perkembangan teknologi semakin memudahkan segalanya. Anda bisa melihat tampang keren atau cantiknya pasangan Anda lewat webcam. Kualitas hubungan memang penting, tapi kuantitas juga perlu diperhatikan. Usahakan minimal punya waktu-waktu tertentu, untuk menghubungi atau dihubungi si dia.

4. Isi waktu kesendirian dengan hal bermanfaat
Diakui godaan yang terbesar bila punya kekasih yang jauh adalah bete saat sendirian. Apalagi bila malam Minggu tiba, di mana semua teman-teman sibuk berkencan ria dengan pasangan masing-masing. Kesepian dan juga iri tentu saja berkecamuk dalam diri. Kalau sudah begini, jangan pernah berpikir untuk mengakhiri hubungan. Lebih baik Anda menenggelamkan diri pada segala kesibukan yang positif arahnya. Misalnya saja dengan ikutan klub ataupun kelompok-kelompok gaul. Kalaupun Anda harus menghadiri resepsi, tak ada salahnya mengajak adik atau teman dekat untuk menemani. Ingat lirik lagu yang dibawakan Ricky Martin dan Christina Aguilera, Nobody Want To Be Lonely.

5. Selalu kirim foto terbaru
Sebagai obat kangen, selain mengandalkan komunikasi juga nggak boleh lupa saling bertukar foto terbaru. Dengan begitu, selain tahu perkembangan dan perubahan rutinitas pasangan, Anda juga bisa tahu perubahan fisik yang dialami pasangan Anda. Jangan kaget kalau mendadak si dia berubah menjadi ndut! Tentu saja cara pengiriman foto juga akan lebih mudah lewat e-mail.

6. Saling berkunjung
Selain bertukar foto terbaru, yang tak boleh dilupakan adalah meluangkan waktu untuk bisa mengunjungi sang kekasih. Jangan terus-terusan berharap dia yang akan menjenguk Anda. Nggak masalah juga kok walau kamu cewek. Cari saat yang tepat, misalnya waktu libur panjang. Pasti, doi akan merasa surprised banget menyambut kedatanganmu.

7. Berantem Tak berarti putus!
Pacaran jarak jauh bukan jaminan nggak akan pernah mengalami saat-saat berantem. Mungkin saya si dia mendengar gosip macem-macem tentang Anda yang tidak benar. Salah-salah tentu saja setiap kali pembicaraan akan dipadati dengan luapan kemarahan. Kalau sudah seperti ini, jangan dulu emosi, apalagi langsung mencanangkan kata putus! Kamu berdua juga harus menyadari, mungkin dia dapat info dari orang yang salah. Atau juga mungkin karena saking kangennya sama Anda, akhirnya dia jadi punya pikiran yang mboten-boten.

Beri pengertian padanya, kalian sudah lama terpisah dan jarang bertemu. Jadi, kenapa nggak sesekali bertemu atau mengobrol tentang segala hal yang ingin sekali diketahui pasangan Anda. Sadari juga kemungkinan kalian sama-sama jenuh karena saling berjauhan dan nggak bisa curhat. Perlu diwaspadai juga, ada banyak “musuh” yang mungkin ingin melihat hubungan Anda berakhir. Yang pasti Anda harus waspada, namun tanpa melepas rasa percaya dan kesetiaan Anda.

sekedar sharing:

saat bulan juni 2009 ini berakhir, berarti 5 tahun sudah kami lewati masa-masa LDR (Bpn-Mdn),  hubungan yang dimulai karena situs FS (percaya atau tidak silahkan).  Sungguh banyak sekali cobaan yg harus kami lalui dan sungguh banyak godaan yg harus disingkirkan, hubungan hanya sebatas ponsel yg berujung pada pengurangan frekuensi telpon karena kuping kami sama-sama sakit (mungkinkah ini pengaruh radiasi ponsel?), kami bertemu baru 2 kali yaitu tahun baru 2006 dan lebaran 2007, dan semoga akhir tahun ini bisa bertemu kembali (rencana boleh kan?).  Kami bertekad harus mapan terlebih dahulu, sebelum masuk babak final. Yang membuat kami masih bertahan adalah kesabaran dan saling percaya, belum sampai taraf ke ikhlasan, karena kami pernah mencoba untuk saling melepaskan diri tapi hati gak bisa ikhlas.  Setiap masalah kami saling share, berusaha untuk saling mendengarkan, meski kadang egoisme masih muncul, tapi kami coba redam dengan kata-kata lembut. Bila punya rasa jengkel atau marah, kami berusaha tidak lebih dari 3 hari untuk menyelesaikannya, sampaikan unek-unek dengan jelas biar bisa saling mengerti dan saling beritahu apa yang kurang kami suka. Satu hal yang hingga saat ini belum kami capai adalah sama-sama menginginkan ponsel yang bisa 3G.

Iklan

Aksi

Information

53 responses

15 02 2008
fitri

iya..gw lg kangen bgt ma cwo gw yg di jogja…diusahakan 1 bulan 1 kali kita ketemuan..

16 08 2010
yulis

gw seminggu sekali.pdhal beda kota

15 02 2008
fitri

bagi gw..yg utama adalah komunikasi walau itu cm sms, kl bs setiap saat gw ma cwo gw keep contack…pas cuti bersama kemaren gw keetemuan di jogja coz brothernya co gw married,seneeeengggg bgt rasanya..tp yg bkin bt..skrng setelah gw di bandung dan mulai bekerja….Rasa KANGENnya GEDE BGT…gw BENER-BENER KANGEN MA CWO GW…tolongin donk gmn caranya supaya rasa kangennya ga kayak gini…..

24 02 2008
hasan_jaimz

gw cukup prihatin liat keadaan lu…..psti lu kngen bgt yawh.tpi gw sranin cari cowok baru aje…3 atau lebih.so lu jd gk kspian n kngen lu psti terobati deh…..pcaya ma gw.i luph u.muah6…

8 03 2008
yhunnii

guuuww saiiiiaNg putRaaaaa ..

17 05 2008
RhasTiE cuTe

w kannnnn99ggGGeEEeNnNNn BaN99edddD ma co W…. KpN Bisa KeteMuu Lagiii!!!!!!! aKu saiiiYYYaNNkKKk KaMuuuu………. SuSaah ya Low PcRan Lon9 DistaNce… MzTi sbRR Liat tmN2 diaNtR co na jLN… N Qt MZti SbR… I LovE u PiKKuU…..

8 07 2008
dhEa

gw kangen banget ama cowo gw yg ge nuntut ilmu…

thayang…
cepetan dunx jadi pilotnya…
biar qta bisa keliling langit sana…
JANGAN PERNAH SAKITIN DQ IAH….
Luph U thayang…

2 08 2008
Trik asik pacaran Long Distance « Xpress Ur Life

[…] Trik Asik Pacaran Long Distance […]

8 08 2008
dyana

Cowok Gua Jauh Banget dia Di meedan Dan sedang Gua di Riau apalagi zowok Gua Dia Seoarang Capten Capal ya pastinya dia sering Berpergian Ke Luar Daerah Dan Luar Negeri Donk jadi kadang Gua TAKUT dOI SELINGKUH

10 07 2011
Juliar Ferdyan Syah Ferdyans

wah jauh bngt yach….tetapi klo memng cinta…
walaupun itu jauh…tak jadi maslah bukan…..
tetapi km sering di hantui rsa takut,curiga,,,dan yng puualing DAHSYAT adlh rasa kangen yang mendalam…..
…..

22 08 2008
Ronald

hmm… berat rasanya.. tp harus dijalani… sering berantem.. tapi mau gmanapun.. kepercayaan, KESABARAN, dan cinta yang tulus… itu yg penting. mengenai kesabaran.. walaupun loe salah.. tetep harus sabar ladenin cewe loe yg menggerutu.. stress? pasti.. obatin pake apa? situs bokep… situs humor… situs horor… peace out

1 09 2008
My Uneg-uneg’s » Blog Archive » Trik Pacaran Long Distance

[…] Trik Asik Pacaran Long Distance […]

24 10 2008
Blu3

Pacaran jarak jauh mank sulit. Udh beberapa x terbentur n hampir putus.. Namun, kesabaran n saling percaya adlh kuncinya. Tidak berpikir pndk jika ada mslh tp mencari solusi yg tepat untuk menyelesaikan masalah yg ada. Smua mslh pasti bs d lalui asal kita sabar…

28 10 2008
zhy

gua kangen ma ce gua……

1 11 2008
revi

aku dh buat seperti apa yang dikatakan trik” diatas,,tpi ttap putus juga…
gmn dunk…apa yang mesti aku lakuin…???
tolongin kita dunk.,

7 03 2011
DIean

sabaaaaaar aja. jodoh g kmna kug..

11 11 2008
Qha

qa gag taw rus gmna lagi….
qa chayank bnged ma ve
dy jauh…,qa gag bsa tmu ma dy

BDO-BTH

jauh bnged y….
ckrang qta gi brantem…
jujur qa gag pngen pisah ma dy…
tpi qa rus gmna?

qa chyank ma dy

luph ve……

14 11 2008
mi

long distance is killing me…
gw lg brantem ma ce gw,,
pusing…

5 02 2009
emill

argghhh…

kangen bgt sm dia.
dia d Dili, w d Bandung.
I LOVE U…

21 02 2009
maa

Aq trancam putus . .
cdih bgt rsana .tar lg mesti milih, ptus ato l0ng distance . .

Nyokap gw mo k sngapur . .mw g mw aq mesti b0lak balik .
Klopun netep d sni . .suatu saat co gw jg mesti pgy bwt krjaan na.

Aq g bsa jauh dr km wan . .

24 02 2009
Bean..

Kangen ..
Terbunuh Sepi…
ini ….. itu…
aku percaya kamu, melebihi apa yag org katakan kepada ku
aku percaya kamu, tak perduli apa yg org katakan tentang kamu
yg ku tau kau selalu ada di saat ku membutuhkan mu kau slalu ada di saat ku rapuh
aku percaya kamu…
hidup ini tak akan berarti tanpa kau di sisi ku
aku percaya kamu
ku tak akan pernah berhenti slalu mencintaiku
yg ku tau kau slalu sejukkan hati ku…
yg ku tau kau slalu ada di saat ku membutuhkan mu, kau slalu ada di saat ku rapuh

23 04 2009
belz

haha.. skrg tgl 23 april 09, gw mutusin pacar gw baru semalem, brarti tgl 22 malem! gw dah jadian 2 thn ma dia, LDR setengah tahun. gw d jogja doi beasiswa s2-s3 d jpg. gw bener2 g kuat lg.. ad hal2 yg g bisa d samain kyk wkt dulu kondisi kita msh bareng2 sama kondisi skrg yg dah ngejalani LDR! pasangan gw rada possesif, tp karna jaman dulu gw msh bareng2 ma dia, ke-possesif-annny dia msh bisa gw tolerir, tp klo sifat itu makin parah pdhl kondisi kita dah jauh’an gini?? nyesekin ati bgt sob.. masa gw g bisa kemana2?? masa baru jalan 20 mnt ma tmen dia call gw stiap saat?? pdhl gw juga jalan (maen) ma tmen biar gw punya kesibukan n g kepikiran doi terus (slain x’kul). dari pada gw d kamar kos doang trs mikirin hub gw yg LDR ini?? gmn pun kita msh punya tujuan hdp masing2.. haaaaaa… tp gmnpun gw ttp sedih mutusin doi.. 2 thn man!!!??!!

30 04 2009
Tisra

Hkhkhkhkh………
q sayang bgt ma dy……..sayangggggg bgt….!!!
tentu_nya cinta juga……….
Gak hanya sekedar kata2…………….
mslah_nya q blom prnh pcran jarak jauh………………

q gak relain dy prgi………
berat bgt rasanya………..

Kmren pas aq tlpn dy n aq taya ge pain…….
dy nge_pack koper …..siap2 mau dibwa……
kmi beda kota……

q bingung neyh…….
nangis mulu……..
q gak rela dy prgi….
gmn ney tmend………….

tolong bantu q ksi masukan yach…………….
di Friendster q…………….

tisra_ais@yahoo.com

mkasih………..di tunggu lho…………

30 04 2009
21 07 2009
nta

Huft. .
Knapa c harus kul d Cairo kmu tuh?!!

pengen bgt ktmu. . . . . . . .pengen ,pengen bgt!!!

Setaun bentar kan ay?!huft. .

20 09 2009
joanna

gue juga lagi ngejalanin LDR..berat banget.. padahal baru jalan satu bulan, ini gara2 gue kuliah di luar negeri. disini juga gue kemana mana naik transportasi umum yang jadinya otomatis sering pulang malem. mau ga mau intensitas komunikasi kurang banget. setiap mau pergi rasanya berat banget ngebayangin cwo gue lagi nunggu gue pulang.. tapi kalo ga pergi pun rasanya sepi banget di kos.. gue gatau berapa lama bisa tahan dgn kondisi kyk begini..

24 09 2009
Moncuey

Q baru kali ini merasakan long distance, waktu pertama sih rasanya g tahan bgt, terlbih lg dia slalu hadir dan menemaniku tiap harinya. Rasa kangen itu pasti, tapi kami berdua menerapkan rasa percaya satu sama lain. Apalagi kami berdua sudah serius dan menuju ke jenjang selanjutnya. Mudah2n kita berdua bisa ngelewatin dan cepat disatukan ja sm Allah, Amiiin…………….

5 12 2009
Emdy

w pRah be’ud jLnen LDR, w kmRen smPt jdiAn ma shBt w yG kbtLan beDa puLau (jaWa–suLawesi) , cma thAn 10 hRi, ent kmRn bLikan Lge, coZe maNk w syG bgd mA dy, ckRg w g tw huB w ma dy x iNi bKaL suKseS to g, jLnin LDR maNg brat bgd yaCh, kgn nhA stNgah mti ..
Low dsRuh mLih, meNdink jd shBt do’i dRi pdA jd pcAr, umUr w raSa’y jd pnDek Low kgn ma dy,.
tp w daCh cintA be’udS ma cyG Q ..
GmN duNk ?

18 02 2010
N0via

Wuh kangen ma c0w g. . . .cm berhrp bs slalu percya padany…

26 11 2010
sinta

yaaaa. low dah jodoh gak kmana kok sob

15 05 2010
pipi wahyuni

q ga tau hubungan kmi bakalan awet tao ga…..
q takut long distance membuat dy berpikir ntuk selingkuh.
q tau dy slalu sbuk dng pekerjaannya, tapi q jg cwek yg btuh perhatian dan kasih sayang dari cwoknya sndri…..
terkadang aq berfikir, bahwa q ga bleh egois,,,,
tapi sampai kapan aq hrus kayak gni, slalu sabar dan sabar…..

please….
bantu q donk…..
gmna cara lebih baiknya hubungan kmi ni…..
tapi ju2r mpe skarang aq msh sayang ma dy…..

23 06 2010
laila

Sashi,meski kisah hidup kita sama,tp q akui km kuat banget,stlh bc blog km,aq dpt plajrn bru,tq y,q sayang bgd sm cowoq yg di jogja..
Mksh bwt triknya..
🙂

16 08 2010
yulis

gw kangen sama cowo gw.udah setaun gw ma dia.
skrg dia kuliah dijogja gw disolo.tp asal dia dr riau.
mana bentar lg gw pindah kuliah dibelanda gw mesti kangen bgt ma dia.
tp gw pecaya kog ma dia.semoga hubungan w ma dia bs sampe kita bs nikah amin

30 08 2010
ugie

Sabtu kemaren gw nganterin cwe gw ke terminal….dia mw pulang kampung skaligus mw kuliah di sana ( solo )…..baru 2 hari di tinggal gw kangen banget……gw berharap hubungan gw sama dia bisa langgeng……..please kasih tau gmn cara nya…..

6 09 2010
cuplis

kangen ma cowo aq yang da di pontianak sdangkan aq di jawa timur,dia lgi tugas n slama sebulan ni dy telp aq sekali aja tu pun sebentar n tngah malem, cz mank telpny cm dikasi ksempatan sbntar bgt, syukur deh dah tau kbrny, dia baek2 aja. n lebaran ini dia janji mau telp aq lagi.aq mesti nunggu selama 5 bln buat dia di bolehin bawa hp. bgitulah hubngan ini… gk bisa seenaknya bisa mnghubungi dia pa lagi ktemuan,smuanya serba taat peraturan dgn kerjaannya skrng.dia baru bisa pulang ke jatim 2 thn lagi. dan kmungkinan besar aq mesti nunggu 2 thn buat ktemu dia.Awalnya kaget ngebayanginnya,,,tapi ternyata setelah dijalani trnyata gak sesulit yang aq bayangkan.semoga hubungan kami awet bisa sampe bertahun2 seperti cerita di blog ini…hehehe.. tetap smangat y…. meskipun LDR..

27 09 2010
achul "CHULIEND"

bg gue jarak jauh ada nikmatnya juga,,,
ya selain keep contact juga gue masih dapat kasih sayang yang lebih dari cewe gue
syukur alhamdulilah hubungan gue semakin erat aza,,gak ada salkahnya kasih kabar
walau pun hanya via sms atau pun telpon,,tanpa ada kabar seperti itu takut nya pasangan berfikir macam2,,buat gue keep contact itu perlu banget,,gak ada salahnya ngasih dia pengorban dengan mengisi dia pulsa,dari pada tidak ada kontak sedikit pun,,,,jadwal gue tiap minggu kasih dia kejutan ,,pokoknya gue juga sayang banget sama dia,,syukur banget gue bisa memiliki dia,,,,,,,
achul chuliend clalu+ochiend chuliend clalu

7 03 2011
DIean

sooo swet.
jd pgen…

26 11 2010
sinta

cwoku tu cemburuan buangetssss. aku jd pucing gt…

20 12 2010
Merie

Hari nh aq kanggggggeeeeeen bgt sama pacarku, padahal dia baru ajj pulkam kemarin minggu tgl 19/12/2010,rasanya aq gak ingin berjauhan lgi sama dia..
makanya aq cari tau bagaimana cara mengobati rasa kangen sama pacar yang tinggalnya beda provinsi…. hikz.. hikz.. hikz…

24 01 2011
9mna cra'x m3n9h1lan9kn kn93n ma do'i???

qu3 kn93nnnn b9t sm do1…
3mnk s3 qm1 jrak’x gha ja0h b9t..p1 qu3 kn93nnn b9t m0 ktmu..qu3 kn93nnn tawa’x,canda’x sm 9urauan’x…chynkkkk va qmu mrsakn y9 qu3 rsa’kn.i miss y0u my h0n3y…duchhhh 9ha than nch mm3ndam r1ndu y9 sn9t m3ny3sak’kn ht1..9mna cra’x a9ar qu3 9ha trllu kn93n sm do1???

3 02 2011
Vicky

Hehehe makasih triknya, aku newbie nih, besok hari Jumat tanggal 4 februari aku baru 1 bulanan, dari awal jadian udah LDR, cowo aku di Riau aku di Jakarta, kita gabisa ketemuan kecuali kalo lagi ada lomba nasional gitu, uuuu kangen banget sama cowo aku!!!! Doain kita langgeng yaaaaaa, AMIN!

27 05 2011
NieTa

w cynk bgd ma R,,,
R jauh,,,py knp R hruz ngelarang” w wat bertmn or dket ma cwo laent??
w cn ky gtu krna R gx slalu ada di deket w,,,
aph w slh????
R,,,,jgn overprotective gtu dund,,,,
i luph u forefer R

11 06 2011
Fitri hayana

Aku uda LDR selama 16 bulan,syg ama dia,tpi sekarang dianya uda 2 bulan nglang gtoe aja,nah aku harus gmana tu.:(

13 07 2011
arofah

pasti ada yang lebih baik,,,
buka pikiran,,,
masih banyak yang lain…
dijalani dengan sabar…

13 07 2011
arofah

emmm
sulit amat LDR
harus bener2 ada niat yg lurus

2 08 2011
lee

ga kuat bgt ngejalanin LDR…
Tp harus sabaaaar….
Aku harus buktiin,klo aku sayaaaaaang bgt m dia…
Aku cuma berharap,,,akhir dr smua ini adalah kebahagiaan… 😉

14 02 2012
pipit

aq m dy satu kota,tp dy krj di balikp2n aq di sragen. 70 hari tdk bs ktmu. dy cuti 2 mgg. tp gpp krna q syanx bgt m dy. q jalani aj. smua akan trasa indah pd wktny..

17 02 2012
Meryta

Hah ?
Kalo gua ?
Jakarta-purwdodi boo !
Sebualan sekali dsuruh naik pesawat ?
Tekor ne kantong bradd !
Atau bus atau kereta ?? Tekor kantong boss !
Apalagi sama orng medan dulu ..
Sebulan sekali naik pesawat tmbah tekor to yaa
arghh !

7 04 2012
jeco

sama sob…
w jga ngerasin hal yang sama ma klian.
pacaran jarak jauh tu ada enknya jga ada sedihnya..
kita di tuntut saling percaya,
doi di batam sedangkan w di jakarta..
benar2 berat rasanya..
pa lagi dya sellu d gangguin cowo2 d sna..
buset dah tambah gak karuan ni perasaan..
pa lgi w orngnya cemburuan ga jelas.

tp dya selalu ngeyakini w klu dya gak bkalan menghianati cinta w.
hanya itu yang bikin kita bertahan smpai saat ini..

sumpah benar2 berat rasanya…

19 06 2012
viana

Q berharap buaaaangetzzz bizaa jodoh ama dy..aL.y dah beberapa x hampir putuzzzz teteeeep gk bizaaaa pizaaaaahh benerann!!!!!!!

6 10 2012
dheena

q ldr udh 2 th..skrg g tau rs syg dy msh sm ato g…q brusaha buat sll hubungi dy…klo dy g da pls y q yg isi…cm akhir2 ini dy sdkt beda..jarang sms..tiap q telp dy bnyk diemny,,,ato sbuk dg sesuatu…q cm bs myakinkn dri q klo smua nie akn indah pd waktuny…

29 07 2013
Fhayra

Aduuuuh kngn bngt nich ma cowo aku. Jarakx jauh bgt lo aku di polman dia di maksar lg nuntut ilmu……
Syng disana nanti km jg mata dan hati km yah ingat ada aku
I LOVE YOU HONEY

8 02 2014
Wagis

Gue kangen sama cwe gue yg beda kota, sedang apa ya cwe gue yg disana.?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: